Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintahan Nagari Seulayat Ulakan Nagari adalah Hak Masayarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi | AWASI Pembangunan Nagari Kita - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan

Artikel

Sosialisasi Pembuatan Saka Blok oleh Mahasiswa KKN UNAND Kepada Peternak di Nagari Seulayat Ulakan

07 Agustus 2021 15:36:03  HAIKAL YUDHISTIRA  56 Kali Dibaca  Berita Lokal

SeulayatNEWS, Mahasiswa KKN dari Universitas Andalas, Kota Padang mengadakan sosialisasi dan pelatihan pembuatan saka blok kepada peternak lokal di Nagari Seulayat Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman pada hari Jumat (6/8/2021). Sosialisasi dan pelatihan ini diberikan oleh mahasiswa yang dikoordinir oleh Muhammad Faisal Adriansyah dari jurusan Peternakan Universitas Andalas, Kota Padang.

Koordinator dari kegiatan ini, Faisal, mengatakan bahwa pemberian saka blok pada ternak sapi dapat meringankan biaya, tenaga, dan waktu bagi peternak dalam menyediakan pakan untuk ternak sapi. Tenaga yang dibutuhkan pada pembuatan saka blok tidak begitu besar dan hanya membutuhkan waktu selama setengah jam dalam membuat saka blok. Ukuran dari saka blok juga relatif kecil yaitu sekitar 10 x 10 cm, hal ini membuktikan bahwa tempat yang dibutuhkan untuk pembuatan saka blok tidak terlalu luas dan ini sangatlah efisien. Pemberian saka blok juga bisa dilakukan dengan menggantungkan saka  blok di kandang hewan ternak sapi.

Beliau juga menanmbahkan bahwa Saka blok ini dapat dijadikan sebagai pakan tambahan yang bergizi tinggi untuk ternak sapi oleh peternak lokal. Saka blok juga bermanfaat untuk meningkatkan konsumsi pakan dan daya cerna makanan pada ternak sapi. Pemberian saka blok pada ternak sapi juga dapat meingkatkan produksi daging dan peranakan karena memenuhi kebutuhan energi dan protein pada ternak sapi.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihhan ini berlangsung di kediaman seorang peternak yang berada di Korong Maransi, Nagari Seulayat Ulakan. Kegiatan dimulai dengan menimbang terlebih dahulu bahan dari saka blok yang terdiri dari dedak (ampas padi), gula merah dan  beberapa bahan lainnya sambil menghaluskan bahan-bahan yang belum dihaluskan. Kemudian larutkan gula merah dengan air di perbandingan 1:5 lalu dinginkan. Dedak dan bahan lainnya kemudian dicampurkan dengan larutan gula merah hingga tercampur rata. Dan terakhir campuran dari dedak dan larutan gula merah dicetak sehinggga saka blok siap diberikan kepada hewan ternak.

Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dengan meriah. Warga setempat juga antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan saka blok yang dilakukan oleh mahasiswa KKN dari Universitas Andalas tersebut.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Sinergi Program

ADMIN SIAK SIPAKEM
PRISMAROOM KOMINFO DCM
KEMENDESA PRODESKEL SIPD
BPS PADANG PARIAMAN NEWS OPENSID
PPID PADANG PARIAMAN BANWASLU KPU

Statistik Penduduk

Agenda

Wilayah Nagari

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:67
    Kemarin:117
    Total Pengunjung:51.078
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Tidak ditemukan

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jl. Rangkayo Rajo Sulaiman
Nagari : Seulayat Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakih
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon : 081267801898
Email : seulayatulakan@padangpariamankab.go.id

Arsip Artikel

YouTube Nagari

Facebook Nagari

Jadwal Shalat


jadwal-sholat

Perkiraan Cuaca

booked.net