Nagari Seulayat Ulakan

Kec Ulakan Tapakih
Kab Padang Pariaman - Sumatera Barat

Info
SELAMAT DATANG DI SISTIM INFORMASI & LAYANAN PUBLIK PEMERINTAHAN NAGARI SEULAYAT ULAKAN | Nagari Adalah Hak Masyarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik | KAWAL Pembangunan Nagari - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan

Artikel

Sosialisasi Pembuatan Saka Blok oleh Mahasiswa KKN UNAND Kepada Peternak di Nagari Seulayat Ulakan

HAIKAL YUDHISTIRA

08 Agustus 2021

112 Kali dibuka

SeulayatNEWS, Mahasiswa KKN dari Universitas Andalas, Kota Padang mengadakan sosialisasi dan pelatihan pembuatan saka blok kepada peternak lokal di Nagari Seulayat Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman pada hari Jumat (6/8/2021). Sosialisasi dan pelatihan ini diberikan oleh mahasiswa yang dikoordinir oleh Muhammad Faisal Adriansyah dari jurusan Peternakan Universitas Andalas, Kota Padang.

Koordinator dari kegiatan ini, Faisal, mengatakan bahwa pemberian saka blok pada ternak sapi dapat meringankan biaya, tenaga, dan waktu bagi peternak dalam menyediakan pakan untuk ternak sapi. Tenaga yang dibutuhkan pada pembuatan saka blok tidak begitu besar dan hanya membutuhkan waktu selama setengah jam dalam membuat saka blok. Ukuran dari saka blok juga relatif kecil yaitu sekitar 10 x 10 cm, hal ini membuktikan bahwa tempat yang dibutuhkan untuk pembuatan saka blok tidak terlalu luas dan ini sangatlah efisien. Pemberian saka blok juga bisa dilakukan dengan menggantungkan saka  blok di kandang hewan ternak sapi.

Beliau juga menanmbahkan bahwa Saka blok ini dapat dijadikan sebagai pakan tambahan yang bergizi tinggi untuk ternak sapi oleh peternak lokal. Saka blok juga bermanfaat untuk meningkatkan konsumsi pakan dan daya cerna makanan pada ternak sapi. Pemberian saka blok pada ternak sapi juga dapat meingkatkan produksi daging dan peranakan karena memenuhi kebutuhan energi dan protein pada ternak sapi.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihhan ini berlangsung di kediaman seorang peternak yang berada di Korong Maransi, Nagari Seulayat Ulakan. Kegiatan dimulai dengan menimbang terlebih dahulu bahan dari saka blok yang terdiri dari dedak (ampas padi), gula merah dan  beberapa bahan laic1seuya sambil menghaluskan bahan-bahan yang belum dihaluskan. Kemudian larutkan gula merah dengan air di perbandingan 1:5 lalu dinginkan. Dedak dan bahan laic1seuya kemudian dicampurkan dengan larutan gula merah hingga tercampur rata. Dan terakhir campuran dari dedak dan larutan gula merah dicetak sehinggga saka blok siap diberikan kepada hewan ternak.

Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dengan meriah. Warga setempat juga antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan saka blok yang dilakukan oleh mahasiswa KKN dari Universitas Andalas tersebut.

 

 

Form Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Kirim Komentar

Captha
Matematic

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

MUHAMMAD IDRIS

ALI AZWIR

ALI AZWIR

Sekretaris Desa

HARTI GUSMAI RISA

HARTI GUSMAI RISA

ZULKARNAIN, SE

ZULKARNAIN, SE

AINUR MADIA, SE

AINUR MADIA, SE

AFNISA NASMAWATI, S.Pd

AFNISA NASMAWATI, S.Pd

MARYULIS, S.Pd

MARYULIS, S.Pd

IZENDRI

IZENDRI

HENDRI DUNAN, SE

HENDRI DUNAN, SE

KARDINAL

KARDINAL

HENDRA

HENDRA

ADEK MAISURYANI, SE

ADEK MAISURYANI, SE

ERNA SOFIA, S.Pd

ERNA SOFIA, S.Pd

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Nagari Seulayat Ulakan

Kecamatan Ulakan Tapakih, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat

Statistik Pengunjung

Hari ini:92
Kemarin:64
Total:133.719
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.25.88.3
Browser:Mozilla 5.0

Menu Kategori

Media Sosial

YouTube Nagari

Jadwal Shalat


jadwal-sholat

Perkiraan Cuaca

booked.net

Lokasi Kantor Nagari

Latitude:-0.7008252067975151
Longitude:100.22059548675317

Nagari Seulayat Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakih, Kabupaten Padang Pariaman - Sumatera Barat

Buka Peta

Wilayah Nagari