Nagari Seulayat Ulakan

Kec Ulakan Tapakih
Kab Padang Pariaman - Sumatera Barat

Info
SELAMAT DATANG DI SISTIM INFORMASI & LAYANAN PUBLIK PEMERINTAHAN NAGARI SEULAYAT ULAKAN | Nagari Adalah Hak Masyarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik | KAWAL Pembangunan Nagari - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan

Artikel

Penetapan SDG's Nagari Seulayat Ulakan Sebagai Upaya Perencanaan Pembangunan Nagari Dengan Data Yang Akurat

Siti Jamilah

23 Agustus 2023

4 Kali dibuka

Selasa (22/08/2023) dilaksanakan penetapan Data SDG's Nagari seulayat Ulakan, acara tersebut dihadiri oleh wali Nagari beserta seluruh perangkat Nagari, Sekretaris Camat, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Perwakilan Bamus, Perwakilan LPM, serta Kader posyandu Nagari Seulayat Ulakan. 

SDGs Desa itu sendiri adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs.  

Acara ini diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Wali Nagari Seulayat Ulakan, Muhamad Idris beliau menyampaikan bahwa Perencanaan pembangunan nagari tidak akan pernah habis selama pemerintahan ini masih berdiri kukuh, berbagai rangkaian kegiatan setiap tahun selalu tetap dijalankan di setiap aspeknya. Berbicara soal data, terkadang ada dari kita yang membuat kebijakan perencanaan dengan data yang salah. Akibatnya pembangunan yang dihasilkan tidak tepat pada sasaran. Dalam siklus perencanaan pembangunan, pembangunan berawal dari data dan menghasilkan data. Ketidak akuratan data dalam perencanaan pembangunan selain tujuan pembangunan tidak akan tepat sasaran, beresiko juga bisa menimbulkan konflik sosial di tengah masyarakat, sesama masyarakat dan bahkan akan terjadi konflik antara masyarakat dan pemerintah. 

Selanjutnya Sekretaris BAMUS Bapak Hari Juliansyah membuka kegiatan penetapan SDG's secara resmi dan beliau juga memberikan arahan bahwa sdgs tidak hanya berkaitan dengan permasalahan ekonomi, tapi mencakup segala aspek kehidupan manusia.

Acara selanjutnya yaitu arahan dari bapak SekCam Yusrizal S.Sos, beliau mengatakan bahwa program SDG's sengaja dianggarkan oleh pusat melalui pemerintahan nagari. Pemerintah kecamatan mengajak untuk selalu berpartisipasi dalam berbagai program yang telah diturunkan oleh pemerintah provinsi, kabupaten, kecamatan, maupun pihak Nagari, salah satu nya SDG's ini, karena data ini sangat penting utk kedepannya, jadi diharapkan kepada kader dan segala aspek yang terlibat utk dapat melaksanakan program ini dengan sebaik-baiknya. Yang lebih prinsip lagi, program yang telah diturunkan oleh pemerintah, seluruh pihak terkait harus terus mendukung dan mengawal jalannya program tersebut dengan sepenuh hati. Begitu juga dengan program-program yang lain. 

Selanjutnya kegiatan penyampaian jumlah keseluruhan dari 18 point SDG's yang diperoleh oleh Nagari Seulayat Ulakan yang disampaikan oleh Pendamping Desa bapak Darmawan, beliau menyampaikan tolak ukur dana desa berasal dari kinerja perangkat Nagari, sesuai dengan permendes nomor 21 tahun 2020 salah satu nya berisi ttg proses perencanaan pembangunan nagari berbasis data, data yg diambil adalah data SDGS untuk penggunaan dana desa, capaian keseluruhan 53.77% diperoleh dari 18 point SDGS, menghimbau kepada seluruh perangkat Nagari untuk memahami segala aspek ataupun poin-poin SDG's agar perancangan RKP benar-benar tepat. Pemerintah Nagari juga harus mulai merancang program-program nagari yang bertujuan untuk menunjang segala aspek sdgs.

 

 

Form Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Kirim Komentar

Captha
Matematic

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

MUHAMMAD IDRIS

ALI AZWIR

ALI AZWIR

Sekretaris Desa

HARTI GUSMAI RISA

HARTI GUSMAI RISA

ZULKARNAIN, SE

ZULKARNAIN, SE

AINUR MADIA, SE

AINUR MADIA, SE

AFNISA NASMAWATI, S.Pd

AFNISA NASMAWATI, S.Pd

MARYULIS, S.Pd

MARYULIS, S.Pd

IZENDRI

IZENDRI

HENDRI DUNAN, SE

HENDRI DUNAN, SE

KARDINAL

KARDINAL

HENDRA

HENDRA

ADEK MAISURYANI, SE

ADEK MAISURYANI, SE

ERNA SOFIA, S.Pd

ERNA SOFIA, S.Pd

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Nagari Seulayat Ulakan

Kecamatan Ulakan Tapakih, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat

Statistik Pengunjung

Hari ini:25
Kemarin:68
Total:132.791
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.25.88.3
Browser:Mozilla 5.0

Menu Kategori

Media Sosial

YouTube Nagari

Jadwal Shalat


jadwal-sholat

Perkiraan Cuaca

booked.net

Lokasi Kantor Nagari

Latitude:-0.7008252067975151
Longitude:100.22059548675317

Nagari Seulayat Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakih, Kabupaten Padang Pariaman - Sumatera Barat

Buka Peta

Wilayah Nagari